Senin, 19 Juli 2021

MOHD. MA’SUM BILLAH

Sebelum saya lanjutkan postingan atau artikel selanjutnya tentang Takaful, ada baiknya saya tuliskan secara singkat siapa itu Mohd. Ma’sum Billah yang dalam tulisan-tulisan awal dalam blog ini dijadikan sebagai referensi utama.

Mohd. Ma’sum Billah saat ini adalah seorang guru besar atau professor di bidang keuangan dan asuransi pada Islamic Economics Institute, King Abdulaziz University (KAU), Kerajaan Arab Saudi Arabia. 

Billah telah melayani dan memberikan kontribusi baik di bidang akademik, keuangan, serta industri korporasi selama lebih dari 20 tahun melalui program manajemen, pengajaran, penelitian, dan sharing solusi strategis dan teknis menuju kemajuan keuangan Islam, asuransi, pasar modal, investasi dan teknologi finansial. 

Billah telah mempublikasikan 31 buku dan lebih dari 200 artikel di berbagai jurnal dan media sosial di bidang khususnya di bidang keuangan syariah, asuransi, pasar modal, investasi dan fintech. Dia telah memberikan presentasi di lebih dari 300 konferensi, seminar, lokakarya eksekutif dan pelatihan industrial di berbagai belahan dunia.

Selain itu, ia juga memiliki afiliasi dengan perusahaan, lembaga akademik dan industri keuangan termasuk bank sentral yang berbeda, organisasi internasional, pemerintah dan LSM dalam kapasitasnya sebagai anggota dewan, penasehat, pengambil keputusan strategis, transformasi dan reformasi di bidang keuangan Islam dengan solusi strategis. 

Sejumlah bidang minat dan kontribusi yang ditekuni adalah : keuangan Islam, asuransi, fintech, investasi, pasar modal (sukuk), keuangan sosial (zakat, wakaf, tabarru’at, termasuk wakaf pendidikan, wakaf kesehatan, wakaf tempat tinggal, wakaf konsumsi, wakaf hijau SRI, sukuk al-intifa melalui, BOT melalui wakaf, sukuk infrastruktur melalui wakaf, sukuk energi terbarukan melalui wakaf, sukuk lingkungan melalui wakaf), keuangan minyak bumi, model perdagangan dan kripto, rencana aksi strategis, standar, struktur dan pengetahuan teknis.

Mohd Ma'sum Billah

 

Ad Placement