Minggu, 18 Juli 2021

KERANGKA KONSEPTUAL TAKAFUL

Alternatif dari konsep asuransi yaitu doktrin dalam Islam yang bernama “Takaful” diadopsi oleh sejumlah operator asuransi Islami saat ini. Hal ini berangkat dari alasan bahwa asuransi pada dasarnya dapat diterima secara syariah apabila memenuhi syarat-syarat syari’i.

Terminologi “Takaful” berasal dari akar kata “ka-fa-la” yang berarti “menanggung” atau “guarantee.” Secara teknis, Takaful dalam pandangan ekonomi berarti saling menanggung yang dilakukan oleh sekelompok orang yang hidup di dalam komunitas yang sama terhadap risiko yang menimpa kehidupan seseorang, properti, atau bentuk lain yang bernilai. Dengan kata lain, Takaful di sini dapat juga disebut sebagai asuransi gotong royong (cooperative insurance).

Dalam Takaful terdapat 4 (empat) pihak yang terlibat yaitu : pemegang polis (participant), pengelola (operator), peserta (insured), dan penerima manfaat (beneficiary). Seseorang yang memiliki kapasitas hukum dapat berkontribusi terhadap sejumlah uang sebagai dana kooperatif dalam rangka memastikan perlindungan kepada seseorang yang menghadapi risiko. Pihak yang berkontribusi dalam dana tolong-menolong itu disebut sebagai participant. Sedangkan sesama diantara peserta yang menghadapi risiko yang dibantu dengan adanya kumpulan dana itu disebut sebagai insured. Sementara itu, pihak yang mendapatkan manfaat dari kumpulan dana itu disebut sebagai beneficiary. Kontribusi finansial yang dilakukan oleh sesama participant ke kumpulan dana disebut sebagai mutual contribution.

Kumpulan dana tersebut lalu dikelola oleh perusahaan atau lembaga yang telah memperoleh ijin operasional yang disebut sebagai operator Takaful. Selanjutnya, kontribusi yang dikumpulkan dari para participant dikelompokkan ke dalam 2 (dua) pos pengelolaan : (1) investment fund yang dikelola berdasarkan prinsip Al-Mudharabah (profit and loss sharing), dan (2) Al-Tabarru’ yang digunakan sebagai dana tolong-menolong.

Referensi :

Principles & Practices of Takaful and Insurance Compared. Mohd. Ma’sum Billah. IIUM (International Islamic University Malaysia) Press. 2001.  

takaful

 

Ad Placement